Photobucket

Jumat, 04 November 2011

Aksi Pemuda Tibet Bakar Diri


NBnews- Seorang pengungsi Tibet mencoba membakar dirinya di luar kedutaan besar China di New Delhi pada Jumat sebelum polisi India berhasil menggagalkan rencana tersebut, dalam aksi bakar diri terbaru memprotes pemerintahan China.

Pemuda Tibet
Demonstran yang masih muda itu menuangkan bensin di seluruh tubuhnya dan membakar dirinya sebelum polisi berhasi memadamkan api, yang sudah membakar celana dan daerah sekitar pinggangnya, ujar fotografer AFP yang berada di tempat kejadian.

Pria itu keluar dari bus dan meneriakkan slogan selama aksi protesnya sebelum beberapa polisi menariknya dan dia jatuh ke tanah.

Aktivis tersebut tampaknya hanya menderita luka bakar ringan di kakinya dan segera dibawa dengan mobil polisi. Juru bicara polisi New Delhi tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masalah ini.

Sejak Maret lalu sudah terjadi serangkaian aksi bakar diri yang dilakukan biksu dan biksuni Buddha di barat daya China dalam bentuk protes menuntut kebebasan beragama dan pengembalian Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet.

Setidaknya lima biksu dan dua biksuni telah tewas, kelompok pembela hak asasi manusia menuturkan, dan aksi terakhir dilakukan oleh biksuni Qiu Xiang (35) yang tewas karena membakar dirinya di provinsi Sichuan, China.

Kelompok Tibet di Delhi menuturkan bahwa aktivis yang mencoba membakar diri itu bernama Sherab Tsedor yang masih berumur 25 tahun.


Apakah Anda Suka? Please Share.





Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites