Photobucket

Jumat, 03 Februari 2012

9 Cara Ciptakan Pola Makan Hidup Sehat

NBnews - Medapatkan tubuh sehat dan ideal ternyata tidak susah. Pasalnya, dengan menerapkan budaya hidup dan pola makan sehat semuanya akan terwujud.


Seorang koki bersertifikat di Sebastopol, California dan juga co-penulis ‘More Vegetables Please’, Patty James dalam tulisannya memberikan informasi Anda bagaimana cara memiliki pola makan yang lebih baik dan sehat.

Bergaya hidup ala vegetarian

Hal ini akan menyehatkan. Selain aktivitas berkebun bisa membantu menghilangkan stres, Anda juga bisa menikmati sayuran segar yang berasal dari kebun sendiri. Luangkan waktu 30 menit, dua kali seminggu untuk memotong sayuran segar lalu sajikan sayuran ini setiap saat.

Banyak konsumsi buah

Pastikan Anda selalu menyediakan stok buah musiman di dalam lemari pendingin Anda. Makanlah setiap saat Anda merasa lapar atau ketika gigi Anda bermasalah dengan makanan manis.

Segarkan hari dengan lemon

Mulailah hari Anda dengan mengonsumsi segelas air lemon segar, yang berasal dari 1/2 - 1 buah lemon yang telah di jus bersama air. Selain terasa segar, liver Anda juga akan menyukai minuman ini.

Banyak konsumsi sayuran hijau

Asup lebih banyak sayuran hijau dalam kehidupan Anda. Beberapa jenis sayuran hijau terbaik yang bisa Anda pilih di antaranya, kale, lobak bayam, dan sebagainya. Kukus sayuran hijau selama beberapa menit, tiriskan dan sisihkan.

Tumis beberapa siung bawang merah, bawang putih dan jamur shitake dalam wajan yang telah diisi minyak zaitun selama beberapa menit. Masukan kale, aduk kembali dan sajikan.

Buat kue rendah kalori

Bagi Anda yang suka ngemil dan membuat kue, ganti setengah dari mentega yang Anda gunakan dengan saus apel, labu atau prune. Selain rendah lemak, juga mengandung lebih banyak nutrisi.

Cerdas konsumsi alkohol

Merayakan hari spesial dengan mengonsumsi minuman beralkohol, boleh-boleh saja. Tetapi, ingat jangan sampai berlebihan. Jangan pula minum alkohol ketika perut dalam keadaan kosong. Ini akan bereaksi keras pada perut Anda dan membakar vitamin B.

Variasikan makanan

Jika Anda makan burger hari ini, maka sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang sama (burger) selama empat hari ke depan. Carilah makanan pengganti lainnya.

Tambahkan warna dalam diet

Berbeda warna makanan maka berbeda pula nutrisi yang dikandungnya. Karena itu makanlah berbagai jenis makanan dengan aneka macam warna. Misalnya, paprika merah, wortel, kale hijau.

Mengonsumsi sayuran mentah
Suka dengan lalapan? Mulai sekarang biasakan diri Anda memakan sayuran mentah ini setiap hari. Sayuran mentah mengandung enzim yang penting untuk tubuh, yang jika diolah dan dimasak fungsi yang dimilikinya dapat hilang.



Apakah Anda Suka? Please Share.

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites