Photobucket

Jumat, 23 Maret 2012

5 Tips Memilih/Membeli USB - Flashdisk Drive

NBnews -

USB flash drive sudah bukan barang baru lagi. Dari waktu ke waktu, sudah semakin banyak bermunculan bermacam-macam USB flash drive. Para pengguna USB flash drive dihadapkan dengan pilihan yang beragam mulai dari kapasitas, bentuk, harga dan kemampuan yang bervariasi.

Tak bisa dipungkiri, dengan pilihan yang semakin banyak ini para pengguna USB flash drive pun menjadi kebingungan untuk menjatuhkan pilihan yang tepat. Berikut adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan, ketika sedang memilih USB flash drive.


Casing menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam memilih USB flash drive. Bukan hanya warna dan bentuk yang menarik, tetapi Anda harus memperhatikan kekuatan casing. Casing USB flash drive yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam USB flash drive. Casing USB flash drive harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya USB flash drive akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut.

Selain kekuatan casing, ukuran casing juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran casing yang terlampau besar jadi menghalangi port USB yang bersebelahan sehingga tidak bisa digunakan. USB flash drive yang ramping lebih mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB yang berdampingan.

Masih berkaitan dengan casing, bagian penting pada casing yang perlu Anda perhatikan adalah penutup USB flash drive. Sebaiknya pilihlah tutup yang menyambung pada badan USB flash drive. Sebab bagian tutup mudah longgar karena sering dibuka dan ditutup sehingga sering terjadi, tutup USB flash drive akan hilang karena sudah lama dipakai. Bila tutup hilang, maka USB flash drive rentan mengalami kerusakan karena benda-benda asing yang masuk ke mulut USB flash drive.


Kini kapasitas USB flash drive semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan. Selain itu harga USB flash drive pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas USB flask drive yang mesti Anda pilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga kemampuan daya beli Anda.

Sebagai gambaran, untuk keperluan transfer dokumen dibutuhkan kapasitas 1-2 GB, untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas 2-6 GB, untuk transfer file film dibutuhkan 4-12 GB, lalu untuk menjalankan program-program portable diperlukan kapasitas 1-2 GB, untuk menjaga keamanan USB flash drive Anda diperlukan ruang sebesar 1-2 GB. Dan bila Anda ingin membuat virtual memory di USB flash drive dibutuhkan kapasitas 1-4 GB.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki USB flash drive untuk membaca data di dalam USB flash drive dan menyimpan data ke dalam USB flash drive. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan membaca tertinggi pada USB flash drive mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Sementara itu kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s. Tetapi kecepatan tersebut nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub.


Pada umumnya USB flash drive memiliki fitur menyimpan dan menampilkan data saja. Untuk USB flash drive yang memiliki fitur dasar seperti ini, para penggunanya harus melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa software agar USB flash drive memiliki fitur tambahan. Misalnya saja penambahan software keamanan untuk menambahkan fitur pengaman data pada USB flash drive.

Nah, bila Anda tidak ingin repot soal keamanan data di dalam USB flash drive, Anda bisa memilih USB flash drive yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan. Saat ini telah tersedia USB flash drive dengan sistem fingerprint yang mampu memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap data yang tersimpan.

Untuk mengakses data di dalam USB flash drive dengan sistem fingerprint ini diperlukan sidik jari. Sensor yang unik membuat hanya satu orang saja yang dapat mengakses sistem keamanan ini.


Bagi Anda yang memiliki keharusan untuk melakukan traveling dengan membawa data penting dan menghadapi banyak resiko dalam perjalanan, maka sebaiknya pilihlah USB flash drive yang secara khusus dirancang untuk keadaan seperti ini.

USB flash drive ini memiliki desain yang kuat dan kokoh. Desain ini dibuat untuk menghadapi kondisi ekstrim seperti temperatur panas yang tinggi, gesekan yang berlebihan atau tingkat kelembaban yang tinggi. Tipe ini dibuat dengan casing dari karet atau metal serta memiliki ketahanan terhadap air.
 
 
 

 Apakah Anda Suka? Please Share dan info ke orang terdekat anda

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites