Photobucket

Minggu, 18 Maret 2012

6 Tips Merawat Kebugaran Laptop

NBnews - Jika Anda setiap hari bekerja dengan sebuah laptop, pernahkah Anda berpikir laptop memiliki kesamaan dengan kita? Kodratnya, semua perangkat elektronik akan rusak dan mati, tidak bisa dihindari, hanya saja kita dapat memperpanjang umur laptop, caranya tentu dengan merawatnya.

Luangkan waktu Anda untuk menunjukkan bentuk perhatian Anda terhadap laptop kesayangan. Laptop Anda bekerja dengan sangat keras untuk Anda, tanpa meminta banyak imbalan. Berikan laptop Anda sedikit cinta dengan tips berikut.

  1. Rajin bersih-bersih - Melakukan pembersihan menyeluruh sangat penting untuk memperpanjang umur laptop. Sebelum membersihkan casing (luar), kita mulai terlebih dahulu pembersihan dari dalam.

    Bersihkan laptop dari program yang tidak Anda gunakan, manfaatnya Anda dapat menghemat memori harddisk dan membuat laptop lebih cepat. Jika ada data yang berserakan, Anda dapat merapihkannya dalam direktori-direktori folder dengan nama yang Anda sesuaikan. Jika perlu, lakukan back-up arsip Anda ke dalam harddisk eksternal, untuk antisipasi.
  2. Shutdown dengan benar- Bagaimana cara mematikan laptop dengan benar? Anda perlu menghentikan semua program yang terbuka.
  3. Tanggap terhadap tumpahan - Anda tentu tahu, air bukan teman laptop Anda. Ketika laptop terkena tumpahan air, coba keluarkan baterai, keringkan laptop semampu yang Anda bisa.
  4. Membersihkan LCD - Anda tidak dapat menggunakan sembarang pembersih untuk membersihkan layar monitor, Anda perlu lap yang halus - jauhkan apapun yang mengandung aseton, amoniak, atau alkohol, yang akan mengupas lapisan pelindung LCD Anda. Gunakan kain lembut (seperti microfiber) untuk menghapus noda pada layar. Penulis pernah mencoba dengan menggunakan air dan cuka, campuran 50/50, lakukan gerakan memutar yang cepat untuk membantu mengurangi goresan.
  5. Kuras baterai - Sekali dalam sebulan, penulis biasa melakukan pengurasan baterai, lho.. seperti kuras aquarium? Tidak. Cukup membuat baterai benar-benar habis, sampai tidak bisa dinyalakan, dan kemudian Anda isi sampai bateri penuh. Pastikan arus listrik tidak terputus saat pengisian. Lakukan ini sekali saja setiap bulan.
  6. Hapus isi recycle bin - Jika Anda bermaksud mengganti laptop, dan ingin menjual laptop lama Anda, pastikan untuk menghapus data pada harddisk Anda dari setiap informasi pribadi dan periksa pula recycle bin apakah data yang tersangkut di dalam kotak sampah komputer itu.

 Apakah Anda Suka? Please Share dan info ke orang terdekat anda

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites