Photobucket

Rabu, 18 Januari 2012

Pernak Pernik Kepercayaan Tahun Baru Imlek

NBnews - Pernak pernik Imlek.

Mei Hwa.
Yang wajib disediakan diantaranya adalah bunga Mei Hwa. Bunga wajib pertanda memasuki tahun baru Cina. Terlihat di mall-mall atau pusat kota pohon Mei Hwa sering ditambahkan aksesoris seperti angpau kecil dan atau lampion kecil dari kertas. Pohon Mei Hwa dianggap sebagai lambang harapan, keuletan, kebahagiaan dan kesejahteraan. Bunga ini sering juga dipajang di rumah, seolah merasakan suasana musim gugur menjelang Imlek. Uniknya, pohon ini mampu berkembang di sepanjang musim, dingin atau panas.


Angpau
Yang khas berbeda pada perayaan tahun baru imlek tentunya adalah pembagian amplop merah atau hong bao/ang pao (紅包)


Amplop merah ini diisi dengan sejumlah uang yang tidak tetap. Tergantung dari orang yang memberikan, namun biasanya berjumlah genap. Biasanya di Taiwan nominal paling kecil bernilai NT$200. Pemberian angpau berlaku untuk mereka yang masih belum menikah. Sedangkan yang telah menikah memberikan angpau kepada yang belum menikah. Tapi ada juga anak yang belum menikah memberi angpao kepada orangtua sebagai hormat dan baktinya. 

Mercon


Mercon atau petasan (kembang api) dipercaya mampu menghalau makhluk jahat yang sering mengganggu ketentraman manusia. Meski dari tahun satu ke tahun lain mercon juga sering dinyalakan untuk menandakan perayaan yang akan tiba.

Tarian Singa


Tarian singa/barongsai (Lion Dance) adalah pertunjukan tarian yang penuh dengan kesenian dan menjadi simbol yang menakjubkan bagi masyarakat Cina. Dimainkan oleh dua orang pemain atau lebih (kepala dan ekor). Perlu pelatihan yang sangat lama untuk mempertunjukan kemahiran dalam tarian ini.


Apakah Anda Suka? Please Share.

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites