Photobucket

Minggu, 25 Desember 2011

Solusi Diet Seimbang Yin dan Yang

NBnews - Solusi Diet Seimbang Yin dan Yang - Dalam tradisi China, konsep Yin dan Yang yang berarti menjaga keseimbangan dan kini bisa menjadi solusi diem seimbang Yin dan Yang sebenarnya Yin dan Yang berlaku di semua bidang kehidupan. Tak terkecuali makanan. Lewat makanan maka tubuh akan mendapatkan energi.


 Energi di dalam makanan akan digunakan untuk menopang tubuh kita. Efek dari energi makanan adalah dasar dari praktek diet yang dikenal dengan sebutan macrobiotics, diet biji-bijian, dan sayuran yang menghindari penggunaan produk yang diproses dan hewani tentunya ini bisa menjadi solusi diet seimbang Yin dan Yang yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kecantikan kita.

 Jadi, bagaimana konsep Yin dan Yang berlaku pada asupan makanan sehari-hari sehingga bisa menjadi solusi diet seimbang Yin dan Yang ?

 Yin
 Yin digambarkan ada pada kegelapan, dingin, tekanan. Makanan-makanan yang memberikan energi Yin pada tubuh seperti pemanis, minyak, cairan, tahu, dan hampir semua produk susu seperti susu, yoghurt. Semua makanan tersebut memiliki efek mendinginkan tubuh, dan bahkan dapat membuat tubuh lemas. Namun, efek ini tergantung pada suhu makanan. Biasanya, efek ini terjadi ketika makanan disantap dalam keadaan dingin.
 Jika dikonsumsi berlebihan, makanan Yin dapat menyebarkan energi internal dan membuat tubuh lemas. Bahkan, menjadi penyebab utama beberapa penyakit. Kafein dan alkohol juga termasuk ke dalam golongan makanan Yin, meskipun memberikan ledakan energi sesaat setelah meminumnya.

Yang
Yang memiliki karakteristik panas, cahaya, dan pengembangan. Daging, garam, telur, dan keju termasuk makanan Yang karena mampu menghangatkan tubuh. Jika dikonsumsi berlebihan maka akan memberikan tekanan pada tubuh. Lima elemen rasa seperti manis, asin, asam, pahit, dan pedas juga memengaruhi.

 Agar memberikan keseimbangan sempurna
 Diet yang berdasarkan prinsip keseimbangan berpusat pada biji-bijian dibandingkan daging. Dalam solusi diet seimbang Yin dan Yang dipadukannya sayuran, kacang-kacangan, sup, dan ikan, serta makanan manis. Makanan yang diproses, dikemas, atau mengandung bahan kimia harus dihindari, sama halnya seperti produk hewani.

 Jika dikonsumsi berlebihan, baik makanan Yin dan Yang memberikan dampak negatif bagi tubuh. Karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan Yin dan Yang secara seimbang sesuai spektrum makanan.




Apakah Anda Suka? Please Share.

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites