Photobucket

Senin, 19 Desember 2011

Misteri Patung Pancoran - Jakarta

Patung Pancoran
NBnews -  Anda tahu Patung Pancoran? Tahu dimana letaknya? Jangan jawab tidak tahu ya... Hampir semua warga Jakarta tahu Patung Pancoran yang terletak di depan Wisma Aldiron, bekas Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia (Mabes AURI) di jalan Gatot Subroto. Nama aslinya adalah Patung Dirgantara, dirancang oleh Edhi Sunarso dan dikerjakan oleh para pematung keluarga Arca Yogyakarta. Patung ini adalah replikasi manusia angkasa yang menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajahi luar angkasa. Ide siapa? Siapa lagi kalau bukan Bung Karno.

Di awal pembuatannya, Bung Karno sekaligus menjadi model patungnya. Dan, biaya pemasangannya bukan dari anggaran pemerintah, melainkan dari kantong pribadi Bung Karno dengan menjual sebuah mobil kuno eksotik koleksinya. Berat keseluruhan patung ini adalah 11 ton, dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil dengan berat masing-masing 1 ton. Patung yang terbuat dari perunggu ini tingginya 11 meter dan kaki-kaki lengkungnya setinggi 27 meter. Konstruksi patung ini dikerjakan Hutama Karya dengan Ir. Soetami sebagai arsitek pelaksananya.

Uniknya, jika dilihat dari udara dan ditarik garis yang menghubungkan antara Patung Pancoran ini dengan Patung Pemuda Membangun Bangsa (di depan Ratu Plaza) dan Monumen Nasional (Monas di Medan Merdeka) akan membentuk segi tiga dengan total panjang jalur 19,01km. Anda tahu? 1901 adalah tahun kelahiran Bung Karno! Patung ini menghadap ke pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan jantung peradaban Indonesia di masa kolonialisasi Belanda. Konon lagi, si manusia angkasa ini menunjuk ke sebuah tempat dimana Bung Karno mengubur harta kekayaannya yang dipercaya dapat melunasi semua hutang negara. Percaya atau tidak? Semua berpulang pada hati dan pikiran anda masing-masing.




Apakah Anda Suka? Please Share.

Youk! Baca Artikel Terkait Dibawah Ini:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites